S1-Hukum Ekonomi Syariah – PMB IAIN Ponorogo

S1-Hukum Ekonomi Syariah

Program Studi (Hukum Ekonomi Syariah) Muamalah berdiri pada tahun 1999 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No: E/154/1999. Sesuai dengan PMA 36 Tahun 2016, Lulusan Program Studi Muamalah mendapatkan gelar akademik S.H. (Sarjana Hukum). Program Studi Muamalah telah terakreditasi BAN-PT Dengan Peringkat Nilai B Berdasarkan SK Nomor: 972/SK/BAN-PT/AKRED/S/IX/2015, yang berlaku sejak tahun 2015 hingga 03 September 2020.

Lulusan Program Studi (Hukum Ekonomi Syariah) Muamalah diproyeksikan sebagai praktisi hukum islam atau calon hakim agama yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas umum sebgai praktisi hukum islam atau calon hakim agama dan tugas khusus sebagai praktisi hukum ekonomi syari’ah sesuai dengan kode etik keilmuan dan keahlian. Selain itu, juga menjadi contract drafter dan pengawas lembaga keuangan syari’ah (DPS) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, serta mampu melaksanakan tugas umum sesuai dengan kode etik keilmuan dan keahlian.

Visi Program Studi (Hukum Ekonomi Syariah) Muamalah adalah Pusat Kajian dan Pengembangan Hukum Ekonomi Syariah yang unggul di Jawa Timur pada tahun 2018”. Adapun misinya adalah: 1) Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran yang profesional dalam bidang hukum ekonomi dan bisnis Islam; 2) Melaksanakan penelitian yang aktual dalam bidang hukum ekonomi dan bisnis Islam; 3) Melaksanakan pengabdian yang relevan dalam bidang hukum dan bisnis Islam; 4) Melaksanakan kerja sama yang unggul dengan perguruan tinggi atau lembaga lain.