S1-Hukum Keluarga Islam – PMB IAIN Ponorogo

S1-Hukum Keluarga Islam

Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) berdiri pada tahun 1999 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No: E/154/1999. Sesuai dengan PMA 38 Tahun 2017, Lulusan Program Studi Ahwal Syaksiyah mendapatkan gelar akademik S.H. (Sarjana Hukum).Program Studi Ahwal Syaksiyah telah terakreditasi BAN-PT Dengan Peringkat Nilai A Berdasarkan SK Nomor: 11/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/I/2018, yang berlaku sejak tahun 2018 hingga 02 Februari 2020.

Lulusan Program Studi Ahwal Syaksiyah diproyeksikan sebagai hakim dan panitera pada pengadilan agama (PA), dan advokat syariah yang berkepribadian baik, berintegritas, berwawasan luas dan mempunyai kompetensi (kompetensi materilil maupun formil) sesuai dengan bidang tugas. Selain itu, juga menjadi konsultan hukum islam, pegawai pencatat nikah/kua, yang berkepribadian baik, berintegritas, humanis, berwawasan luas, dan mempunyai pemahaman tentang tata acara beracara di PA.

Visi Program Studi Ahwal Syaksiyah adalah Unggul dalam Hukum Keluarga Islam di Jawa Timur pada tahun 2018”. Adapun misinya adalah: 1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada bidang hukum acara (Hukum formil); 2) Menyelenggarakan praktikum peradilan semu yang bersifat internal di laboratorium peradilan dan praktikum di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam STAIN Ponorogo; 3) Menyelenggarakan praktikum peradilan/magang di lembaga Peradilan Agama; 4) Menyelenggarakan  penelitian yang difokuskan kepada analisis praktik beracara di Peradilan; 5) Melaksanakan pengabdian kepada  masyarakat berbasis pendampingan beracara dan advokasi di Peradilan Agama di wilayah Jawa Timur; 6) Melakukan kerja sama dalam konteks Tri Dharma PT dengan berbagai pihak (Perguruan Tinggi Luar Negeri, Pemerintah Daerah, Pengadilan Agama, Media Massa, dan pihak terkait),  yang berkaitan dengan materi hukum Islam.