S1-Ilmu al-Quran dan Tafsir

Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir berdiri sejak tahun 1999 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No: E/154/1999 dengan nama Program Studi Tafsir Hadits. Pada tahun 2015 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 3938 Th. 2015  mengalami perubahan nama program studi menjadi Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir. Berdasarkan Keputusan Badan Kreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 12/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/I/2018, Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir berhasil mendapatkan Akreditasi dengan Peringkat Nilai A dari BAN-PT, yang berlaku sejak 2018 sampai 10 Juli 2020.

Sesuai dengan PMA 38 Tahun 2017, Lulusan Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir mendapatkan gelar akademik Sarjana Agama (S.Ag). Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam diproyeksikan sebagai Ahli Bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Selain itu, juga bisa menjadi Pengajar dan pendakwah Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Visi Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir adalah Unggul dalam menghasilkan Sarjana Tafsir Tematik  di Jawa Timur pada tahun 2018”. Adapun misinya adalah: 1) Menyelenggarakan program pendidikan jenjang sarjana dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang aktual dan kontekstual untuk membentuk pribadi yang humanis dengan pendekatan tafsir tematik; 2) Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan wawasan, penguatan metodologi dan aplikasinya dalam bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir; 3) Mengembangkan kemampuan dalam memahami pesan al-Qur’an secara tekstual dan kontekstual; 4) Mengantarkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan meneliti dalam bidang al-Qur’an dan Tafsir secara kreatif, inovatif, profesional dan analitis; 5) Mengaktualisasikan pesan-pesan al-Quran melalui pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendidikan dan pengajaran; 6) Menjalin kerja sama dengan pondok pesantren tahfidz Qur’an untuk mengembangkan minat hafalan quran mahasiswa..