S1-Pendidikan Bahasa Arab

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab berdiri pada tahun 2002 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal  Kelembagaan Agama Islam No. D.J II/347/2002. Sesuai dengan PMA 38 Tahun 2017, Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mendapatkan gelar akademik Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.). Program Studi Pendidikan Bahasa Arab telah terakreditasi BAN-PT Dengan Peringkat Nilai A Berdasarkan SK Nomor: 16/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/I/2018, yang berlaku sejak tahun 2018 hingga 02 Februari 2020.

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab diproyeksikan sebagai Guru mata pelajaran Bahasa Arab pada satuan pendidikan formal dan nonformal setingkat MTs dan MA yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang edukatif dan bertanggung jawab berlandaskan etika keilmuan dan profesi. Selain itu, juga bisa menjadi Penerjemah dan da’I serta  dan guide yang cakap atau kompeten.

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah “Unggul dan profesional di bidang pendidikan bahasa Arab tahun 2018”. Adapun misinya adalah: 1) Melaksanakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam mengembangkan keterampilan berbahasa Arab ; 2) Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab; 3) Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk bimbingan dan pendampingan kepada lembaga pendidikan baik formal maupun non formal; 4) Melaksanakan kemitraan (kerja sama) dengan instansi pemerintah dan non pemerintah, baik skala lokal, nasional, maupun internasional.