S1-Perbankan Syariah – PMB IAIN Ponorogo

S1-Perbankan Syariah

Program Studi Perbankan Syariah berdiri sejak tahun 2014 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 7062 Th. 2014. Sesuai dengan PMA 38 Tahun 2017, Lulusan Program Studi Perbankan Syariah mendapatkan gelar akademik Sarjana Ekonomi (S.E).

Lulusan Program Studi Ekonomi Syariah diproyeksikan sebagai Bankir Syariah, yakni praktisi perbankan yang memiliki kualifikasi akademis dan keahlian dalam mengelola Lembaga Keuangan Bank sesuai dengan prinsip prinsip syariah. Selain itu, lulusan perbankan syariah juga bisa menduduki tiga posisi sebagai berikut. Pertama, Dewan Pengawas Syariah (DPS), yakni praktisi pengawas pada Perbankan Syariah yang memiliki kualifikasi akademis dan keahlian dalam mengawasi Lembaga Keuangan Bank sesuai dengan prinsip   prinsip syariah. Kedua, Konsultan Perbankan Syariah, yakni praktisi dalam memberikan advokasi pada Lembaga Keuangan Bank yang memiliki kualifikasi akademis dan keahlian dalam pendampingan Bank sesuai dengan prinsip prinsip syariah. Ketiga, Entrepreneur Perbankan Syariah, yakni  wirausaha muslim yang memiliki ketangguhan dalam mengelola usaha dan keahlian dalam bekerja sama atau bermitra dengan lembaga keuangan bank sesuai dengan  prinsip prinsip syariah.

Visi Program Studi Perbankan Syariah adalah Pusat Kajian dan Pengembangan Perbankan Syariah yang unggul di Jawa Timur tahun 2018”. Adapun misinya adalah: 1) Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran yang profesional dalam bidang perbankan syariah; 2) Menghasilkan penelitian yang aktual dalam bidang perbankan syariah; 3) Melaksanakan pengabdian yang relevan dalam bidang perbankan syariah; 4) Melaksanakan kerja sama yang unggul dengan perguruan tinggi atau lembaga lain.