S1-Tadris Bahasa Inggris

Program Studi Tadris Bahasa Inggris berdiri pada tahun 2007 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal  Pendidikan Islam No. DJ. I/178/2007. Sesuai dengan PMA 38 Tahun 2017, Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris mendapatkan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd.). ProdiTadris Bahasa Inggris telah terakreditasi BAN-PT Dengan Peringkat Nilai B Berdasarkan SK Nomor: 18/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/I/2018, yang berlaku sejak tahun 2018 hingga 19 September 2020.

Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris diproyeksikan sebagai guru bahasa Inggris di sekolah menengah pertama dan atas, yang berkepribadian baik, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab terhadap keilmuan yang dimiliki. Selain itu, juga bisa menjadi penerjemah yang mampu mengaplikasikan prinsip dasar teori-teori terjemahan yang tingkat akurasi, redebelitas, dan ekseptebelitas-nya dapat dipertanggungjawabkan.

Visi Program Studi Tadris Bahasa Inggris adalah Sebagai pusat pendidikan dan pengajaran calon guru bahasa Inggris yang kompetitif dan berkepribadian islami pada tahun 2018”. Adapun misinya adalah: 1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk mencetak tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris berdaya saing dan bertanggung jawab; 2) Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang menyeimbangkan dimensi pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian dilandasi nilai-nilai keislaman; 3) Melaksanakan penelitian dan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholder didasari dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam penyebaran dan pengimplementasian kependidikan bahasa Inggris; 4) Menjalin kerja sama dalam skala nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran bahasa inggris.