Pengantar

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Islam Negeri (UIN) / Institut Agama Islam Negeri (IAIN) / Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Indonesia dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN atau PTN dengan Program Studi keagamaan disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Sedangkan pola seleksi bentuk lain disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kedua pola tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi. UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN atau PTN dengan Program Studi keagamaan dalam satu sistem yang terpadu. SPAN-PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pelaksanaan UM-PTKIN secara nasional harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan kekhususan
PTKIN/PTN.

Informasi UM-PTKIN 2022 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tatacara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Progam Studi dapat diakses melalui laman http://www.um-ptkin.ac.id.

Ketentuan Umum

UM-PTKIN adalah mekanisme seleksi masuk Perguruan Tinggi melalui SSE yang dilakukan secara serentak. Pelaksanaan ujian pada 59 Perguruan Tinggi di seluruh wilayah Indonesia. Penjelasan tentang Panitia Lokal pada masing-masing Perguruan Tinggi dapat diakses pada laman resmi https://um-ptkin.ac.id

a. Pendaftar

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2020, 2021, dan 2022.
  2. Lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedangkan lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/ Sekolah/Pesantren Mu’adalah dan dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah.
  3. Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.

b. Penerimaan

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/ Pesantren Mu’adalah atau yang setara,
  2. Lulus seleksi UM-PTKIN 2022, dan
  3. memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi penerima.

c. Kelompok Ujian

Kelompok ujian SSE UM-PTKIN terbagi menjadi 2 (dua):

  1. Kelompok Ujian IPA dengan materi ujian Potensi Akademik, Kemampuan Bahasa, Kemampuan Keislaman dan Moderasi Beragama, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), dan Kemampuan IPA.
  2. Kelompok Ujian IPS dengan materi ujian Potensi Akademik, Kemampuan Bahasa,Kemampuan Keislaman dan Moderasi Beragama, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), dan Kemampuan IPS

d. Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

  1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.
  2. Setiap peserta kelompok ujian IPA atau IPS dapat memilih maksimal 2 (dua) Program Studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.
  3. Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta ujian yang memilih hanya 1 (satu) Program Studi boleh memilih Program Studi dari Perguruan Tinggi di wilayah mana saja.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) Program Studi atau lebih, salah satu Program Studi tersebut harus merupakan Program Studi dari Perguruan Tinggi yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain dapat dari Perguruan Tinggi di luar wilayahnya.
  6. Daftar Program Studi dan daya tampung dapat dilihat di laman resmi https://um.ptkin.ac.id

Jadwal Pelaksanaan

1. Pendaftaran / Pembayaran 25 April – 04 Juni 2022
2. Finalisasi Pendaftaran 25 April – 04 Juni 2022
3. Pelaksanaan Ujian Tulis 14 – 17 Juni 2022
4. Pengumuman Hasil Seleksi 30 Juni 2022

Jadwal Ujian

HARI MATERI UJIAN WAKTU PELAKSANAAN
WIB WITA WIT
Validasi dan Pengisian Biodata Peserta
Tes Potensi Akademik
Bahasa
Keislaman
Istirahat
IPA / IPS *
IPC *
Biaya Pendaftaran
  1. Peserta kelompok IPA dan IPS membayar biaya ujian sebesar Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per peserta.
  2. Biaya ujian, pembayaran di seluruh kantor cabang bank BNI di seluruh Indonesia, BNI Internet, ATM BNI, keagenan BNI, Kantor Pos atau bank lain yang mendukung fitur ATM Bersama (biaya administrasi ditanggung calon mahasiswa) dengan menunjukkan nomor Virtual Account. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  3. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Alur Pendaftaran

  1. Calon mahasiswa mengisi biodata secara online di https://um-ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran) dan PIN. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta di PTKIN yang dituju.
  2. Peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang bank BNI di seluruh Indonesia, BNI Internet, ATM BNI, keagenan BNI, Kantor Pos atau bank lain yang mendukung fitur ATM Bersama (biaya administrasi ditanggung calon mahasiswa) dengan menunjukkan nomor SIP.
  3. Peserta melanjutkan pendaftaran online di https://um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian (IPA/IPS), lokasi ujian dan pilihan Program Studi hingga cetak kartu peserta.
  4. Mengikuti ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE), di lokasi yang dipilih sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta